Pembuatan atap membran stadion untuk keperluan menutup bagian atap stadion bisa menggunakan berbagai bahan. Hal ini memang tergantung atas kebutuhan yang bersangkutan. Selain itu, pemilihan bahan yang digunakan juga didasarkan atas budget yang dimiliki oleh pemilik stadion.

Beberapa tahun belakangan bahan atap stadion yang cukup populer yaitu atap membran. Memang belum semua orang familiar dengan bahan ini. Namun seiring waktu, kepopulerannya terus menanjak. Cukup banyak nilai plus dari atap berbahan membrane ini. Jika tertarik dan sedang mencari bahan untuk atap, maka tepat sekali.

Atap Membran Stadion dan Penjelasannya

Berbicara tentang atap stadion yang saat ini sedang menjadi primadona di dunia yaitu bahan membran. Atap membran adalah bahan yang dipasang untuk melindungi segala sesuatu yang berada di bawahnya.

Salah satu hal yang sangat berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya karena bahan membran ini sangat fleksibel sehingga fungsi dekoratifnya sangat tinggi. Hal itu juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan bahan lain.

Pemilihan atap membran stadion memang merupakan pilihan yang sangat menguntungkan terutama untuk stadion. Membran terbuat dari kain sintetis PVC sehingga dapat dengan sangat mudah dibentuk disesuaikan dengan model rangka dan desain yang bervariasi.

Sisi Unggul Bahan Membran Dalam Pembuatan Atap Stadion

Dengan kemajuan zaman seperti ini, berbagai desain kreatif atap membran stadion muncul. Itulah sebabnya banyak perusahaan membran yang berlomba-lomba menawarkan jasa kreatif yang mendukung dekorasi klien secara maksimal.

Atap membran pun banyak macamnya. Semakin tinggi harganya, tentu saja semakin baik kualitas dan daya tahannya. Memang jika memandang harga per meter, terlihat lebih tinggi harganya dari penggunaan bahan lain. Namun jika secara keseluruhan hampir dapat dipastikan membran merupakan salah satu pilihan yang lebih hemat.

Berikut adalah beberapa kelebihan atap membran yang perlu Anda ketahui sehingga dapat lebih membuka mata. Sehingga dapat memutuskan apakah akan menggunakan membran untuk keperluan Anda.

Pertama, bahan membran yang disediakan perusahaan atap membran dapat memantulkan cahaya matahari dan juga bisa meredam panas. Meskipun ada cahaya matahari yang tembus namun penyerapan suhu dibawahnya hanya terjadi sedikit saja.

Selain itu bahan yang dipakainya juga kuat serta tidak mudah mengalami kerusakan seperti sobek. Air hujan pun aman dan dijamin memberikan perlindungan maksimal saat hujan.

Satu hal lagi yang memang begitu membanggakan dan membuat pemakainya sangat percaya diri adalah tampilan membran ini memang sangat elegan. Akibatnya, orang akan sangat tergugah karena keindahannya.

Stadion-Stadion Yang Telah Menggunakan Atap Membran

Daya tahan atap membran stadion yang mampu mencapai usia lebih dari 20 tahun disertai kelenturannya, membuat banyak pengelola stadion seakan berlomba. Mereka memilih bahan ini untuk melindungi dan mempercantik stadion kebanggaan.

1. Stadion Aji Imbut

atap membran stadion aji imbut

Teknologi keren dalam penggunaan untuk atap stadion dengan menggunakan atap membran telah diterapkan oleh Stadion Aji Imbut. Para pecinta olahraga kulit bundar tentu sudah tidak asing lagi dengan nama stadion yang satu ini. Terletak di pulau yang menyatu dengan negara Malaysia yaitu Kalimantan. Lebih tepatnya di desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kutai.

Kabupaten Kutai Kartanegara tepatnya tarkenal sebagai salah satu dari Kabupaten terkaya di Indonesia, berada di Kalimantan Timur. Tercatat stadion ini juga sebagai stadion termahal dan terindah di Indonesia, serba terbaik. Venue terbaik juga di Indonesia. Memang luar biasa dana yang dikeluarkan sekitar 899 milyar rupiah. Sungguh suatu kebanggaan.

Pemilihan penggunaan atap membran tentunya menunjukan kelasnya sebagai stadion nomor wahid. Juga lebih terlihat modern dan futuristik. Dengan atap membran semakin menunjukan bahwa stadion layak sekali menjadi kebanggaan Indonesia terutama penduduk Kalimantan.

Inilah salah satu stadion yang awal-awal dibangun sangat santer diberitakan memiliki drainase terbaik. Buktinya ditunjukan dengan kemampuan lapangan hijaunya yang tidak akan becek meskipun hujan lebat mengguyurnya. Inilah stadion yang merupakan pelopor penggunaan atap membran di stadion Indonesia.

2. Stadion Wibawa Mukti

Selanjutnya, masih dari Indonesia Anda akan dibuat cukup terpesona dengan Stadion Wibawa Mukti yang berkapasitas penonton 30.000 orang. Jika merasa asing mendengarnya, stadion ini ada di Kabupaten Bekasi. Tepatnya Desa Sertajaya, masuk dalam wilayah Cikarang Timur.

Meskipun memang tidak semegah Stadion Aji Imbut, Kalimantan, namun tentu saja nilai plus bagi stadion ini karena dengan atap membran terlihat lebih modern dan kekinian. Suatu prestasi membuat keelokan atap dan boleh dibilang cukup membanggakan masyarakat Bekasi.

3. Stadion Allianz Arena, Jerman

Salah satu stadion yang megah dengan luasnya yang mencapai 75.024 meter persegi. Penggunaan atap membran menunjukan bahwa stadion ini memang didesain dengan sangat modern. Luas atap membran stadion yang tertutup mencapai 64.000 meter persegi. Luas yang cukup fantastis. Desain mewah dan super futuristik.

4. Olympiastadion Berlin

Lagi-lagi Jerman yang menggunakan membran untuk melindungi penontonnya dari sengatan panas matahari, hujan, dan cuaca dingin yang menyerang. Luas keseluruhan stadion adalah 74.649 meter persegi. Dengan total luas membran yang melindungi stadion 27.000 meter persegi.

5. Asiad Main Stadium

Selanjutnya kita bergeser ke Asia. Negeri yang terkenal dengan atletnya yang berstamina luar biasa karena rutin mengkonsumsi ginseng. Ya betul, Korea. Negara yang juga terkenal dengan budaya K-Pop nya. Bentuk unik yang melingkupi stadion dapat tertutup cantik sempurna dan terlihat keelokannya karena bahan membran yang elastis.

Lebih detail, Republik Korea dengan Asiad Main Stadiumnya ini memutuskan untuk menaungi stadion dengan total luas 59.000 meter persegi. Seluas itu tercover PTFE membran. Keseluruhan stadion ini mencapai 53.769 meter persegi.

Sebenarnya saat ini sudah cukup banyak stadion di dunia yang memilih penggunaan atap membran. Atap membran pun di Afrika Selatan telah ada stadion atap membran. Prancis dengan Stade Velodrome nya juga menjadi salah satu stadion dengan desain cukup unik atap membrannya.

Selain terlihat modern, bahan membran ini juga sangat mudah disesuaikan dengan bentuk rangka yang ada. Selain itu jika dihitung secara keseluruhan akan hemat jika dibandingkan harus menggunakan atap konvensional lainnya.

Atap Membran Serta Harga Yang Ditawarkan

Harga atap membran per meter persegi tentunya berdasarkan kualitas yang ditawarkan. Vendor atap membrane mematok harga untuk AGTex 550 P1 di kisaran 750.000 rupiah sampai 1.700.000 rupiah untuk HEYTEX H5573-1089.

Sedangkan untuk harga atap membran yang telah dilengkapi dengan pipa galvanis adalah 950.000 rupiah sampai 1.900.000 rupiah per meter persegi. Biaya pembuatan menggunakan desain atap membran stadion akan jauh lebih hemat.

Atap membran stadion yang digunakan oleh stadion internasional yang super mewah dan modern, telah membuktikan bahwa bahan ini memang high class dan high quality. Semakin modern sebuah stadion, semakin variatif model atap yang digunakan, semakin indah dan megah karena penggunaan membran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *